Pink Electricity Lightning

Rabu, 23 Januari 2019

SILABUS KIMIA KELAS X SMK KESEHATAN


PEMETAAN SILABUS SMK KESEHATAN HAJI SUMATERA UTARA 
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian kimia pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional
4.      Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian kimia
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung

KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
ALOKASI
WAKTU
3.1  Menganalisis materi (perbedaan antara unsur, senyawa, dan campuran) serta perubahannya
4.1     Membedakan klasifikasi materi dan perubahannya
8
3.2  Menganalisis pola konfigurasi elektron struktur atom kaitannya dengan letak unsur dalam tabel periodik dan sifat keperiodikannya
4.2  Menentukan letak unsur dalam tabel periodik berdasarkan konfigurasi elektron dan sifat keperiodikannya
18
3.3     Mengevaluasi proses pembentukan ikatan kimia dan hubungannya dengan sifat senyawa yang terbentuk
4.3    Menetapkan sifat senyawa berdasarkan konsep ikatan kimia
8
3.4    Memahami sifat larutan asam, basa dan garam dengan beberapa indikator
4.4     Menunjukkan sifat larutan asam, basa dan garam dengan beberapa indikator
6
3.5    Menganalisis sifat larutan elektrolit dan nonelektrolit
4.5   Membedakan pemeriksaan sifat larutan elektrolit dan nonelektrolit
6
3.6     Menerapkan tatanama  senyawa anorganik sederhana dalam persamaan reaksi
4.6   Memberi nama senyawa dalam persamaan reaksi
6
3.7     Memahami hukum dasar  dalam stoikiometri
4.7    Mengemukakan hukum dasar dalam stoikiometri
8
3.8 Menerapkan konsep mol dalam stoikiometri
4.8    Menyelesaikan soal-soal stoikiometri berdasarkan  konsep mol
6
3.9 Menerapkan perhitungan konsentrasi larutan (%, molaritas dan ppm)
4.9    Membuat larutan dengan konsentrasi tertentu sesuai dengan prosedur
6
Jumlah
72
Medan,      November 2018
Guru Bid. Studi 


Normalia Amanda, M.Pd

   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar