PEMETAAN SILABUS SMK KESEHATAN HAJI SUMATERA UTARA
Tujuan kurikulum mencakup empat
aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial,
(3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai
melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
KOMPETENSI
INTI 3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI
INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
3. Memahami,
menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan
faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian
kimia pada tingkat
teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi
diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat
nasional, regional, dan internasional
|
4.
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan
prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai
dengan bidang kajian kimia
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu
dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara
efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah,
serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
Menunjukkan keterampilan
mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan
gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI
WAKTU
|
3.1 Menganalisis materi (perbedaan antara
unsur, senyawa, dan campuran) serta perubahannya
|
4.1 Membedakan klasifikasi materi dan perubahannya
|
8
|
3.2 Menganalisis pola konfigurasi elektron
struktur atom kaitannya dengan letak unsur dalam tabel periodik dan sifat
keperiodikannya
|
4.2 Menentukan letak unsur dalam tabel periodik
berdasarkan konfigurasi elektron dan sifat keperiodikannya
|
18
|
3.3 Mengevaluasi proses pembentukan ikatan
kimia dan hubungannya dengan sifat senyawa yang terbentuk
|
4.3 Menetapkan sifat senyawa berdasarkan konsep
ikatan kimia
|
8
|
3.4 Memahami sifat larutan asam, basa dan garam
dengan beberapa indikator
|
4.4 Menunjukkan sifat larutan asam, basa dan
garam dengan beberapa indikator
|
6
|
3.5 Menganalisis sifat larutan elektrolit dan
nonelektrolit
|
4.5 Membedakan pemeriksaan sifat larutan
elektrolit dan nonelektrolit
|
6
|
3.6 Menerapkan tatanama senyawa anorganik sederhana dalam persamaan
reaksi
|
4.6 Memberi nama senyawa dalam persamaan reaksi
|
6
|
3.7 Memahami hukum dasar dalam stoikiometri
|
4.7 Mengemukakan hukum dasar dalam stoikiometri
|
8
|
3.8 Menerapkan konsep mol dalam stoikiometri
|
4.8 Menyelesaikan soal-soal stoikiometri
berdasarkan konsep mol
|
6
|
3.9 Menerapkan perhitungan konsentrasi larutan
(%, molaritas dan ppm)
|
4.9 Membuat larutan dengan konsentrasi tertentu
sesuai dengan prosedur
|
6
|
Jumlah
|
72
|
Medan, November 2018
Guru Bid. Studi
Normalia Amanda, M.Pd
Guru Bid. Studi
Normalia Amanda, M.Pd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar