A.
Kompetensi Inti
KI 1 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 :
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 :
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KI 1 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 :
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 :
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B.
Kompetensi Dasar
1. KD
Pada KI Pengetahuan
3.4 Memahami sifat
larutan asam, basa dan garam dengan beberapa indikator
2. KD Pada KI Keterampilan
4.4
Menunjukkan sifat larutan asam, basa dan garam dengan
beberapa indikator
C. Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
1. Indikator KD pada
KI Pengetahuan
- Menjelaskan Teori asam basa Arhenius
- Menjelaskan Teori asam basa Bronsted Lowry
- Menjelaskan Teori asam basa Lewis
- Menjelaskan Teori dan proses pembentukan garam
- Menjelaskan Teori asam basa Arhenius
- Menjelaskan Teori asam basa Bronsted Lowry
- Menjelaskan Teori asam basa Lewis
- Menjelaskan Teori dan proses pembentukan garam
D. Tujuan Pembelajaran
Setelah
mempelajari materi ini siswa dapat :
1.
Menjelaskan
Teori asam basa Arhenius
2.
Menjelaskan
Teori asam basa Bronsted Lowry
3.
Menjelaskan
Teori asam basa Lewis
4.
Mengklasifikasikan
larutan ke dalam asam basa berdasarkan indikator asam basa
5.
Menentukan
harga pH larutan
6.
Menjelaskan
sifat, jenis dan proses pembentukan garam
E. Materi Pembelajaran
- Teori asam basa
Arhenius
- Teori asam basa
Bronsted Lowry
- Teori asam basa
Lewis
- Indikator asam
basa
- PH larutan asam
basa
- Sifat, jenis dan
proses pembentukan garam
F.
Metode Pembelajaran
1.
Model
pembelajaran : Scientific
2.
Metode
pembelajaran : Inquiry, tanya jawab, diskusi dan eksperimen
3.
Pendekatan : Kontekstual dan
keterampilan proses
G. Media, Alat, dan Sumber
Pembelajaran
1.
Media.
Bahan Tayang (gambar-gambar/powerpoint)
2.
Sumber
Belajar
-
Buku
Kimia SMK Jilid X penerbit Erlangga
-
Buku KIMIA sumber lain yang relevan
-
Hand out
3.
Bahan
- Alat peraga yang
diperlukan
- Indikator alami
dan buatan
H. Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran
Ø Pertemuan
1
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
- Peserta didik menjawab sapaan guru,
berdoa, dan
mengkondisikan diri siap untuk belajar. - Peserta didik dan guru saling tanya jawab berkaitan dengan larutan asam basa yaitu : - Guru memberi motivasi dan apersepsi berupa pertanyaan : kalian mengetahui jeruk nipis? Menurut kalian bagaimana rasa jeruk nipis tersebut ? Saat mandi pernahkan sabun yang kita gunakan, atau shampoo yang kita pakai masuk kedalam mulut ? Bagaimana rasanya? rasanya pahit bukan?
- Peserta didik menyimak tujuan
pembelajaran dan penjelasan tentang manfaat menguasai materi pembelajaran.
- Peserta didik
menyimak cakupan materi pembelajaran yang disampaikan dengan baik.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
(5 menit)
- Membaca/
melihat/ mengamati untuk memahami teori asam basa dari slide powerpoint yang
ditampilkan oleh guru
Menanya
(10 menit)
- Mengajukan
pertanyaan yang berkaitan dengan adakah bahan-bahan disekitar kita yang dapat
berfungsi sebagai indikator untuk mengetahui suatu larutan mengandung asam
basa
Pengumpulan Data
(25 - 30 menit)
- Menganalisis
teori asam basa berdasarkan konsep Arrhenius, Bronsted Lowry dan Lewis
- Mendiskusikan
bahan alam dan indikator selain bahan alam yang dapat digunakan sebagai
indikator
- Mendiskusikan
perbedaan asam/basa lemah dengan asam/basa kuat
- Mengamati dan
mencatat hasil informasi yang diperoleh dari tayangan powerpoint yang
diberikan guru
Mengasosiasi (20 menit)
- Menyimpulkan konsep asam basa
- Menyimpulkan bahan alam yang dapat digunakan sebagai
indikator dan indikator selain bahan alam.
- Menyimpulkan perbedaan
asam/basa dengan asam/basa kuat
Mengkomunikasikan
(5 – 10 menit)
- Mengkomunikasikan
tentang bahan alam yang dapat digunakan sebagai indikator dan indikator
selain bahan alam serta perbedaan asam/basa lemah dengan asam/basa kuat
|
70 menit
|
Penutup
|
- Peserta didik
merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan
penguasaan materi.
- Menginformasikan
materi yang akan dibahas untuk pertemuan selanjutnya
|
10 menit
|
Ø Pertemuan
2
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
- Peserta didik menjawab sapaan guru,
berdoa, dan mengondisikan diri siap untuk belajar.
- Peserta didik dan guru saling tanya jawab berkaitan dengan pelajaran minggu lalu
-
Guru memberi motivasi dan apersepsi
berupa pertanyaan :
a. Saat sakit
gigi pernahkan kalian menggunakan obat kumur yang terbuat dari larutan garam
untuk menghilangkan rasa sakit ? Bagaimana rasanya jika kalian terminum
larutan garam tersebut ? rasanya asin bukan ?
- Peserta didik menyimak tujuan
pembelajaran dan
penjelasan tentang manfaat menguasai materi pembelajaran.
- Peserta didik
menyimak cakupan materi pembelajaran yang disampaikan dengan baik.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
(5 menit)
- Membaca/
melihat/ mengamati untuk memahami teori tentang garam dari slide powerpoint
yang ditampilkan oleh guru.
Menanya
(10 menit)
- Mengajukan
pertanyaan yang berkaitan dengan adakah jenis-jenis garam selain garam NaCl yang
sering diketahui pada umumnya.
Pengumpulan Data
(25 - 30 menit)
- Menganalisis
teori garam dan proses pembentukannya di permukaan bumi
- Mendiskusikan jenis-jenis
garam di dalam kehidupan manusia
- Mendiskusikan sifat-sifat
dari garam
- Mengamati dan
mencatat hasil informasi yang diperoleh dari tayangan powerpoint yang
diberikan guru
Mengasosiasi (20 menit)
- Menyimpulkan
konsep dari garam serta proses
pembentukannya di permukaan bumi
- Menyimpulkan jenis dan sifat-sifatnya dari garam
Mengkomunikasikan
(5 – 10 menit)
- Mengkomunikasikan
tentang konsep garam, proses pembentukannya, jenis dan sifat-sifatnya
|
70 menit
|
Penutup
|
- Peserta didik
merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan
penguasaan materi.
- Menginformasikan
materi yang akan dibahas untuk pertemuan selanjutnya
|
10 menit
|
Ø Pertemuan
3
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
- Peserta didik menjawab sapaan guru,
berdoa, dan mengondisikan diri siap untuk belajar.
- Peserta didik
memperhatikan beberapa contoh larutan asam, basa dan garam dari guru dan guru
mengajukan pertanyaan :
a. Bahan-bahan
apa saja yang tergolong larutan asam, basa dan garam ?
- Menyampaikan
informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan (eksperimen larutan asam, basa
dan garam )
- Membagi siswa
menjadi 5 kelompok dan membagian LKS tiap kelompok
- Diskusi
kelompok untuk mengkaji LKS yang akan digunakan sebagai acuan dalam
eksperimen.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
(20 menit)
- Melakukan
eksperimen sifat asam,basa dan garam dengan indikator kertas lakmus.
- Siswa
mengamati hasil eksperimen sifat asam,basa dan garam dengan indikator kertas
lakmus.
- Membuat
indikator alami
- Melakukan eksperimen sifat asam, basa
dan garam dengan indikator alami.
- Siswa mengamati hasil eksperimen sifat
asam,basa dan garam dengan indikator
alami.
- Melihat tingkat pH asam basa
dan garam dengan indikator kertas stick
Pengumpulan Data
(25 menit)
- Mencatat data
hasil eksperimen sifat asam,basa dan garam dengan indikator kertas lakmus
pada LKS.
- Mencatat data hasil eksperimen sifat
asam, basa dan garam dengan indikator alami pada LKS.
- Mencatat
tingkat pH asam basa dan garam dengan indikator kertas stick.
Mengasosiasi (20 menit)
- Mendiskusikan hasil sifat
asam,basa dan garam berdasarkan hasil pengamatan.
Mengkomunikasikan
(5 – 10 menit)
- Menjawab
pertanyaan pada LKS.
|
70 menit
|
Penutup
|
- Siswa dan guru
mereview hasil kegiatan pembelajaran.
- Guru memberi
penghargaan bagi kelompok/ siswa yang bekerja baik.
- Peserta didik
menyepakati tugas portofolio yang harus dilakukan berkaitan dengan menyusun laporan
hasil observasi yang telah dilakukan.
- Guru
mengingatkan untuk pelajaran pada pertemuan selanjutnya
|
10 menit
|
I. Penilaian
a. Jenis/Teknik Penilaian
No
|
Aspek
|
Tehnik
|
Bentuk
intrument
|
1.
|
Pengetahuan
|
§
Penilain Sikap
§
Tes unjuk kerja
§
Tes Tertulis
|
§ Lembar
Pengamatan
§ Tes Penilaian
Kinerja sifat asam, basa dan garam
§ Soal Uraian
|
2.
|
Keterampilan
|
Portofolio hasil pengamatan eksperimen
|
b. Bentuk instrumen dan Instrumen
Ø Penilaian Sikap KI 3 (Sikap Ilmiah)
No.
|
Aspek
yang di Nilai
|
3
|
2
|
1
|
Keterangan
|
1.
|
Rasa
ingin tahu ( Curiosity )
|
||||
2.
|
Ketelitian
dan kehati-hatian dalam melakukan eksperimen/dalam menjawab pertanyaan
|
||||
3.
|
Ketekunan dan tanggungjawab dalam
belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
|
||||
4.
|
Keterampilan
berkomunikasi pada saat belajar
|
Keterangan :
3 =
sangat baik
2 = baik
1 =
cukup
Ø Penilaian Kinerja Siswa
Format Penilaian Kinerja
Nama siswa : ...............................
Tanggal :
................................
Kelas :
...............................
No.
|
Aspek yang di Nilai
|
Tingkat Kemampuan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Menyiapkan alat dan bahan praktikum
|
||||
2.
|
Membuat zat-zat asam, basa dan garam
|
||||
3.
|
Melakukan
tes warna indikator lakmus merah-biru terhadap asam, basa dan garam
|
||||
4.
|
Menyusun
data perubahan warna indikator lakmus merah-biru terhadap zat asam, basa atau
garam.
|
||||
5.
|
Membuat
indikator bahan alam dari kunir, bunga sepatu, kulit manggis, dan kubis ungu.
|
||||
6.
|
Menyusun
data perubahan warna indikator bahan alam terhadap zat asam, basa atau garam.
|
||||
7.
|
Menyimpulkan
kesesuaian indikator bahan alam terhadap sifat asam, basa atau garam.
|
||||
8.
|
Membersihkan alat
|
||||
9.
|
Mengembalikan alat-alat pada tempatnya
|
||||
Jumlah
|
Kriteria
penskoran Kriteria
Penskoran
Baik sekali = 4 10
– 12 = A
Baik = 3 7
– 9 = B
Cukup = 2 4
– 6 = C
Kurang = 1 ≤ 3 = D
Ø Penilaian Pengetahuan
Lembar Tes Tertulis (Soal Uraian)
1. Bagaimanakah sifat lakmus merah dan lakmus biru
pada larutan asam, basa, dan garam?
2. Sebutkan bahan-bahan alam yang dapat digunakan
sebagai indikator alami?
3. Jelaskan yang dimaksud dengan:
- asam kuat
- asam lemah
- basa kuat
- basa lemah
4. Sebutkan beberapa contoh bahan atau material yang
memiliki sifat asam dan memiliki sifat basa!
5. Jelaskan tiga cara yang dapat dilakukan untuk
menentukan pH suatu larutan!
Lembar
Pengamatan
Tujuan
: Melalui percobaan, siswa dapat :
1.
Mengidentifikasi
ciri-ciri larutan Asam, Basa dan Garam.
2.
Menyebutkan
contoh larutan asam, basa dan garam dalam kehidupan sehari-hari.
Alat
dan Bahan :
Alat
:
|
Bahan
:
|
Langkah
Kerja :
- Ambil air dari kran menggunakan gelas kimia. Air ini digunakan untuk membersihkan pipete.
- Ambil menggunakan pipet tetes masing-masing bahan kedalam plat tetes, kurang lebih 3-4 tetes. (masing-masing bahan menempati 2 cekungan yang ada pada plat tetes).
- Ujilah masing-masing larutan menggunakan kertas lakmus merah dan kertas lakmus biru. Amati perubahan warna yang terjadi pada kertas lakmus.
- Masukkan data hasil pengamatan pada table yang sudah disediakan.
Tabel Hasil
Pengamatan :
NO
|
BAHAN
|
PERUBAHAN WARNA
|
SIFAT LARUTAN
|
PH
|
|
LAKMUS MERAH
|
LAKMUS BIRU
|
||||
1
|
Asam cuka
|
||||
2
|
Air sabun
|
||||
3
|
Air jeruk
|
||||
4
|
Air detergen
|
||||
5
|
Air garam
|
||||
6
|
Air putih
|
Pertanyaan
:
- Berdasarkan percobaan, sebutkan yang termasuk asam dan yang termasuk basa. Serta jelaskan perubahan warna yang terjadi !
- Sebutkan ciri-ciri asam dan basa !
Kesimpulan
:
............................................................................................................................
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................
Ø Penilaian
Keterampilan
Portofolio
Penilaian
portofolio
Mata pelajaran : Kimia
Kelas/ Semester : X/1
Peminatan : -
Tahun Ajaran : 2018/2019
Judul Portofolio : Hasil diskusi pengamatan
Tujuan : peserta
didik dapat menyelesaikan soal terkait materi
Ruang lingkup : Karya
portofolio yang dikumpulkan adalah hasil pengamatan
praktikum
Uraian tugas portofolio :
Mengerjakan hasil pengamatan yang tersedia dari
lembaran LKS yang telah diberikan.
|
Medan, November 2018 Guru Mapel Normalia Amanda, M.Pd | |||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar